INSAN PERS
Daerah

Guru NU Berlatih Medsos di Kampus Bina Insani Bekasi

Sabtu (26/1) pekan lalu, sekitar 30 guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kota Bekasi, mengikuti pelatihan membuat serta pengelolaan media sosial. 
Kegiatan itu bisa terlaksana atas kerja sama Pergunu dengan Kampus Bina Insani Bekasi. Dilaksanakan di Lab Komputer Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK), Perguruan Tinggi Bina Insani, Jl Raya Narogong, Rawalumbu, Kota Bekasi. 
Seluruh peserta, yang semuanya adalah guru di berbagai tingkatan sekolah, sangat antusias mengikuti pelatihan. Mereka dengan saksama memperhatikan berbagai cara pembuatan serta pengelolaan media sosial.
Dimulai sejak pagi pukul 08.30 WIB, diawali dengan pelatihan membuat Instagram dan halaman facebook. Hal tersebut bermanfaat untuk memasarkan berbagai sesuatu, seperti misalnya barang dagangan. Singkatnya, menjadi toko online.
Namun sebelum membuat akun media sosial itu, dijelaskan terlebih dulu soal etika dalam berselancar di dunia maya. Beberapa diantaranya adalah berupa saran agar tidak terlalu banyak mencantumkan data pribadi, berkata (berkomentar) baik, serta tidak menyinggung unsur SARA. 
Usai praktik membuat akun instagram dan halaman facebook yang ditandai dengan istirahat waktu zuhur, para peserta diajak untuk berlatih dan membuat blog atau website gratis melalui wordpress.
Tak hanya itu, para peserta juga diberi pemahaman soal mengisi konten sekaligus cara memublikasikan. Tujuan pembuatan blog tersebut agar seorang guru dapat dengan mudah menyimpan dan memublikasikan materi-materi yang akan diajarkannya. 
Kegiatan tersebut selesai pada pukul 15.30 WIB.

Ketua Pergunu Kota Bekasi, Heri Kuswara, mengapresiasi kerja sama yang telah dilakukan bersama Perguruan Tinggi Bina Insani itu. 
“Kegiatan seperti itu jelas bermanfaat bagi kami yang berprofesi guru di era milenial seperti sekarang ini,” katanya, usai mengikuti pelatihan pembuatan dan pengelolaan media sosial.
Ia berharap, kerja sama dan silaturrahim antara Pergunu dan Bina Insani itu dapat terus terjalin, sehingga dapat senantiasa bersinergi dalam berbagai kegiatan, yang ada kaitannya dengan pendidikan, guru, dosen, dan tenaga pengajar.
“Tentu saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Bina Insani, karena telah menjalin kerja sama ini. Semoga tidak cukup hanya sampai di sini,” tukas Kang Heri, demikian pria asal Garut ini akrab disapa.

Related posts

Leave a Comment

Insan Pers