INSAN PERS
Maklumat Jaringan Gusdurian
Nasional

Maklumat Jaringan Gusdurian

Indonesia sangat membutuhkan para pemimpin dan wakil rakyat yang berintegritas, yang terpilih melalui pemilu sebagai wujud kedaulatan rakyat. Pada 17 April 2019 nanti akan diselenggarakan pemilu untuk memilih presiden-wakil presiden, anggota DPR-RI, DPRD I, DPRD II, dan DPD.

Jaringan Gusdurian mempunyai perhatian yang sangat besar terhadap penguatan demokrasi di negeri ini, termasuk penyelenggaraan Pemilu yang berkualitas. Salah satu caranya adalah dengan mengawal proses pemilihan dan perhitungan suara dalam pemilu ini.

Pengawalan proses pemilu ini sangat penting mengingat ketegangan yang semakin meningkat serta makin banyaknya persebaran informasi yang tidak benar (hoax) yang dapat menimbulkan ketidakpercayaan. Berbagai informasi bohong mengenai proses pemilu ini sangat berbahaya bagi demokrasi. Selain akan mendelegitimasi pelaksanaan pemilu, kabar bohong juga akan menimbulkan konflik dan huru-hara politik.

Karena itulah, dibutuhkan informasi data mentah yang akurat dari lapangan, untuk menjadi acuan alternatif data yang dapat diakses oleh publik sehingga publik bisa turut mengawasi proses perhitungan suara dalam pemilu. Semakin banyak data, semakin baik untuk menunjang legitimasi Pemilu.

Berkaitan dengan hal tersebut, Jaringan Gusdurian Indonesia menyerukan kepada segenap gusdurian untuk:

  1. Bergerak bersama untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas.
  2. Berpartisipasi aktif dalam mengawal pemilu 2019 dengan menjadi bagian dari gerakan kawal pemilu melalui https://upload.kawalpemilu.org/c/gusdurian
  3. Aktif menjaga persaudaraan dan perdamaian menjelang dan setelah pemilu demi keharmonisan berbangsa dan bernegara.

Demikian seruan ini kami sampaikan untuk diperhatikan dan dijalankan dengan seksama.

Koordinator JGD
Alissa Wahid

Related posts

Leave a Comment

Insan Pers