INSAN PERS
Nasional

KODI DKI Nyatakan Sikap terkait Pilpres

PERNYATAAN SIKAP
KOORDINASI DAKWAH ISLAM
(KODI) DKI JAKARTA

Bismillahirrahmanirrahhim

Menyikapi perkembangan paska Pemilu 2019 yang baru lalu, dan memandang masih tingginya tensi politik yang mengiringi proses penghitungan suara oleh KPU, KODI DKI Jakarta menyatakan sikap sebagai berikut:

  1. Pemilu sebagai sarana perwujudan kedaulatan rakyat menjamin kepastian hukum, dan hasil pemilu merupakan keputusan rakyat pemilih yang harus dihormati. Sebagai Muslim wajib meyakini bahwa kekuasaan merupakan ketetapan Allah SWT kepada siapa pun yang dikehendaki-Nya.
  2. Proses penghitungan suara yang berjalan harus dipastikan berlangsung profesional, transparan, kredibel dan menjamin keadilan.
  3. Penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu harus bekerja sebaik-baiknya tanpa tekanan dan pengaruh pihak manapun. Tindakan mempengaruhi dan menekan penyelenggara pemilu akan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap hasil pemilu.
  4. Aparat keamanan diharapkan bertindak netral dan profesional dalam mengawal proses tersebut.
  5. Elit politik diharapkan tidak melontarkan isu dan membangun opini yang memanaskan situasi. Ketidakpuasan atas proses penghitungan memiliki jalur penyelesaian secara legal konstitusional.
  6. Kami berharap para tokoh agama dan tokoh masyarakat ikut mendinginkan situasi. Janganlah perbedaan politik menghancurkan persaudaraan anak bangsa.
  7. Memasuki Bulan Suci Ramadhan, mari kita pererat Ukhuwah Islamiyah dan Wathoniyah serta tingkatkan kepedulian sosial dan jauhkan diri dari tindakan yang mengurangi kualitas ibadah kita.
  8. Akhirnya, kami berharap pemilu menghasilkan kepemimpinan nasional dan legislatif yang membawa kebaikan dan kesejahteraan rakyat dalam naungan ridho Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat dan berkah-Nya kepada negeri Indonesia.

Jakarta, 22 April 2019

Koordinasi Dakwah Islam
(KODI) DKI Jakarta

KH. Jamaluddin F Hasyim
Ketua

Related posts

Leave a Comment

Insan Pers