21 Oktober 2019
INSAN PERS
Image default

Berani Bersuara Melalui Gambar dan Tulisan

Insanpers.com. Malang– Bertepatan dengan Hari Pers Nasional, sebanyak 28 pemuda/i dari berbagai lintas aama, selama 2 hari, Sabtu-Minggu (9-10 Februari 2019) berkumpul di Balewiyata Majelis Agung GKJW – Malang untuk mengikuti pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh M1 Media GKJW bekerjasama dengan Yakoma – PGIW Jatim.

Pada hari pertama, sabtu 9 Februari 2019, para peserta diberi wawasan mengenai UU ITE dan Kebangsaan oleh AKP. Yuddy Lukman (Kepolisian Resort Malang Kota).

Pada sesi ini peserta diharapkan dapat mengetahui dan memahami tentang UU ITE serta bagaimana ikut merawat dan menumbuhkan jiwa Nasionalisme Kebangsaan melalui sebuah tulisan.

Masih pada hari yang sama, setelah sesi makan malam. Dengan suasana santai dan semi FGD namun bersahabat, fasilitator Bapak Pdt. Chrysta Andrea, Bapak Yoyok Yonathan dan saya mencoba untuk memantik peserta untuk saling bertukar pendapat dan informasi tentang issue-issue diwilayahnya masing-masing. Diluar dugaan, ternyata para peserta tertarik mengangkat issue-issue seputar LGBT, RUU Permusikan dan tentunya UU ITE.

Dalam diskusi yang berlangsung gayeng, fasilitator berharap agar peserta dapat semakin bijak dalam mengangkat, menyuarakan dan merespon issue-issue terkini melalui media online / soccial media.

Pada hari kedua, Minggu 10 Februari, puncak kegiatan pelatihan. Peserta mendapatkan bekal Ilmu Teknik Foto Jurnalistik dan Konsep Membuat 1 Menit Video Liputan Jurnalistik Untuk Media Gereja / Umum dari Praktisi Media & Jurnalis, Mamuk Ismuntoro.

Dalam pelatihan hari kedua ini, Mamuk Ismuntoro juga membagikan wawasan bagaimana membuat dan memahami konsep 5W + 1H dalam pengambilan sebuah foto / video yang enak dilihat dan tulisan yang mudah dibaca dan dipahami, Proses editing video jurnalistik (audio dan video) menggunakan ponsel dan Bagaimana mendapatkan impression audience di soccial media.

Sebagai penutup tulisan saya. Tak lupa saya ingin ucapkan terima kasih kepada rekan M1 Media yang untuk kesekian kali telah turut menyertakan saya dalam kegiatan yang hebat ini. 

Semoga kegiatan pelatihan ini dapat membuat para peserta berani bersuara melalui gambar dan tulisan.

Related posts