15 Oktober 2019
INSAN PERS
Image default

Cerita Umrah Jokowi dan Sandi di Tahun Politik

Jokowi dan Sandiaga saat umrah (Foto: dok. ist)Dalam waktu yang berdekatan, Joko Widodo (Jokowi) dan Sandiaga Uno bertolak ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah umrah. Selain umrah, Jokowi dan Sandiaga juga berziarah ke makam Rasulullah S.A.W di Madinah.

Pada lawatannya di Saudi, Jokowi sekaligus menyelipkan agenda kepresidenan dengan bertemu Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud di Riyadh. Jokowi turut didampingi istrinya Iriana serta kedua putranya Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep.

Tepat hari Senin (15/4/2019) dini hari waktu setempat, Jokowi beserta keluarga dan rombongan tiba di Masjidil Haram, Mekkah, untuk melaksanakan ibadah. Setibanya di Masjidil Haram, Jokowi berkesempatan masuk ke dalam Kakbah. Jokowi juga sempat mencium Hajar Aswad.

“Azan subuh berkumandang di Masjidil Haram ketika saya menuruni tangga keluar dari pintu Kakbah, bersama istri dan anak-anak. Di dalam tadi, saya menunaikan salat sunnah dua rakaat, masing-masing ke empat penjuru. Saya akan mengingat kesempatan ini sepanjang hidup,” ujar Jokowi lewat Twitter, Senin (15/4).

Barulah setelahnya, Jokowi melakukan tawaf, salat subuh berjamaah di depan Multazam, sai di bukit Safa-Marwa, dan tahalul untuk menuntaskan ibadah umrah. Usai umrah, Jokowi langsung bertolak ke Masjid Nabawi di Madinah untuk melaksanakan salat sunah dan ziarah ke makam Rasul.

“Di Masjid Nabawi, Presiden melaksanakan salat sunah dan ziarah ke makam Rasulullah SAW,” imbuh Bey.

Bagaimana dengan Sandi? Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini umrah bersama istrinya Nur Asia. Sandi mengaku ingin fokus beribadah sehingga tidak banyak mem-posting kegiatannya di Tanah Suci.

“Saya bersama Mpok Nur menuju boarding kembali ke Tanah Air. Mohon maaf kita tidak mem-posting kegiatan di sini karena memang kita ingin fokus ibadah,” kata Sandi dalam video yang diunggah di akun Instagram @sandiuno, Senin (15/4).

Sandiaga berangkat umrah pada Minggu (14/4) dini hari. Senin (15/4) hari ini, Sandiaga sudah terbang kembali ke Jakarta.

“Tentunya kami sangat excited mau pulang ke Indonesia ketemu anak-anak dan juga ketemu kawan-kawan. Sampai jumpa di Indonesia, mohon doanya agar umrah kami mabrur dan juga semuanya diterima hajatnya,” ujar Sandi.

Mengakhiri kunjungannya di Saudi, Sandi langsung ke Madinah untuk ziarah ke makam Rasul. Sandi juga akan menunaikan salat sunah di Raudhah yang tidak jauh dari makam Rasul.

“Bapak terbang Jakarta langsung ke Mekah, menjalankan ibadah umrah. Usai magrib menuju Madinah ziarah ke makam Rasul dan salat (di) Raudhah,” kata tim Sandi, Yuga Aden, kepada wartawan, Senin (15/4).

Detik

Related posts