21 Oktober 2019
INSAN PERS
Image default

Haul Gus Dur dan Muhasabah Kebangsaan; Gusdurian Bangkalan Safari Makam Gusdur dan GKJW Grogol


Insanpers.com. || 5 Maret 2018

Bangkalan, Laksanakan Haul Gus Dur, Gusdurian Bangkalan ziarahi makam Gus Dur. Kegiatan ini dilaksanakan dengan berbagai rentetan kegiatan. Di antaranya adalah kunjungan silaturrahim ke GKJW Bongsorejo Grogol dan zirah berbagai makam wali.

Sesi ziarah dimaksud dimulai dari Makam Mbah Cholil Bangkalan, Sunan Ampel dan terakhir di Pasarean Bapak Sang Guru Bangsa, Gus Dur. “kami datangi Gus Dur sebagai bentuk penghayatan dan muhasabah kami dalam mengenang sosok Guru Bangsa ini,” tutur Zumara, aktifis Gusdurian Bangkalan.

Seusai ziarah ini, seluruh rombongan yang tergabung dalam barisan Gusdurian bangkalan ini menyempatkan silaturrahim dan diskusi bersama umat lintas agama di Gereja Katolik Jawi Waten (GKJW) Grogol.

Pasalnya, kegiatan ini sengaja direncakan sejak jauh hari oleh komunitas. Dan syukur, dapat dilaksanan pada haul Gus Dur kali ini.

Dalam silaturrahim dan diskusi ini, rombongan disambut baik oleh umat Katolik dan Ruhaniawan GKJW. Kedua belah pihak saling mengisi dan belajar bersama tetang arti penting toleransi dan kebangsaan sebagaimana yang diajarkan Gus Dur.

Gus Aan (sebutan akrab Aan Anshori), pengiat Gusdurian Jombang memberi beberapa kata pemantik diskusi tersebut. Menurutnya toleransi adalah salah satu ajaran Gus Dur yang sampai kapanpun harus dibela.

“Gus Dur, ya toleransi. Maka yang namanya kehidupan berbangsa bernegara di Indonesia yang majmuk ini, kebangsaan dan toleransi menjadi pengikat kita satu sama lain, bahkan dengan orang beda agama, suku dan ras sekalipun. Itu yang jadi pegangan bersama kami di GKJW ini,” tutur  Aan Ansori.

 “Kami merasa bangga dengan keluarga GKJW dan terutama sekali Gus Aan yang telah memberi kami banyak hal. Semoga perjumpaan kali ini tidak menjadi yang terakhir kalinya bagi kita semua,” pungkas Koordinator Gusdurian Bangkalan.

Usai diskusi tersebut, di antara kedua pihak mengabadikan kenangannya dengan foto bersama dan ramah tamah. (Zum)

Related posts