25 Agustus 2019
INSAN PERS
Image default

Ratusan Mahasiswa dan Pemerintah Sumenep Meriahkan Deklarasi ISRC


Insanpers.com. Sumenep-Ratusan mahasiswa dan jajaran pemerintah di Sumenep turut memeriahkan Deklarasi Indonesian Study and Reseach Center (ISRC) sebagai lembaga riset pertama yang ada di daerah Sumenep
Kegiatan yang dikonsep dengan Seminar Publik yang bertajuk “Politik Developmentalisme : Menuju Masyarakat Sumenep Sejahtera di STIBA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KH Bahaudin Mudhary) Madura, Minggu (10/02), sangat meriah.
Pemotongan tumpeng sebagai simbol pengesahan ISRC, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sumenep Ahmad Fauzi, S.H. Dalam sambutannya, Fauzi sangat apresiatif dengan hadirnya ISRC di tengah-tengah masyarakat Sumenep, apalagi ISRC di gawangi oleh anak-anak muda yang potensial dan pemberani.
“Saya sangat senang dengan hadirnya Lembaga Riset ISRC, selain penggagasnya adalah anak-anak muda pemberani, juga karena sesuai dengan undang-Undang Republik Indonesia nomer 18 tahun 2002 tentang lembaga penelitian” jelas Fauzi.
Shohibul Umam dalam isi sambutannya berharap hadirnya ISRC di tengah-tengah masyarakat Sumenep bisa menjadi puzzle yang menyempurnakan kerja-kerja politik pemerintah dan badan-badan yang memiliki otoritas lainnya untuk pembangunan masyarakat.
“ISRC akan menjadi wahana untuk memantikkan dialektika masyarakat untuk menggali inovasi dan memproduksi ilmu pengetahuan yang berbasis data dengan bersinergi dengan lembaga-lembaga khususnya kampus sebagai ruang yang paling dialektis” kata Umam selaku direktur ISRC
Sebagaimana lembaga  riset pada umumnya, Indonesian Research Center (ISRC) merupakan satu lembaga yang bergerak di wilayah penelitian dan survei di dalam semua sector, baik dalam sosial, ekonomi, pendidikan, budaya, analisis dan strategi kebijakan.
“Pembangunan kesejahteraan masyarakat di Sumenep tidak hanya terkait pada hal-hal yang berbentuk infrastruktur, akan tetapi kesejahteraan politik, ekonomi dan sosial harus dirasakan oleh masyarakat” lanjut Umam
Drs. H. A. Hosaini Adhim, M.Si sebagai pembicara pada acara Deklarasi dan Seminar Publik ISRC, menyampaikan bahwa Sumenep perlu anak-anak muda yang sadar akan pembangunan. Tidak dipungkiri, perkembangan zaman dengan semangat modernisasi dan industrialisasi perlu adanya penyeimbangan di bidang pembangunan (masyarakat) agar Sumenep bisa bersaing dengan wilayah-wilayah lainnya.
“Saya senang dengan adanya ISRC dapat membantu proses dan dinamika pembangunan sekaligus menuntaskan kemiskinan di daerah Sumenep khususnya” ungkap Hosaini selaku Anggota DPRD Sumenep.
Eksistensi Indonesian Study and Research Center (ISRC) menjadi sangat penting karena, kamajuan teknologi informasi yang demikian pesat sangat berpengaruh terhadap perkembangan persaingan ketat di dalam semua sektor, terlebih dengan semakin massifnya industrialisasi dan globalisasi memberikan fibrasi yang sangat kuat ke dalam jantung masyarakat, khususnya yang berada di pedesaan.
“Semoga ISRC ini menjadi wadah untuk menyadarkan masyarakat sumenep atas kerja politik developmentalisme yang hanya dijadikan sebagai komoditas politik oleh elit politik” pungkas As’adi Direktur II STIEBA Madura.
-Mohammad Amirullah-

Related posts