15 Oktober 2019
INSAN PERS
Image default

Ratusan Ribu Jamaah Ikuti Haul Ke-9 Gus Dur di Solo


Penasantri.id || 24 Februari 2019
Meski sebagian kondisi tanah Lapangan Sriwedari becek usai diguyur hujan pada siang harinya, tak menyurutkan ratusan ribu jamaah untuk tetap khidmat mengikuti acara Haul ke-9 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (23/2) malam.

Sejumlah tokoh turut pula menghadiri acara tersebut di antaranya KH A Mustofa Bisri, Mahfud Md, ibunda Presiden Joko Widodo Hj Sujiatmi Notomiharjo, Yenny Wahid, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Mochamad Effendi.

Dalam sambutannya, putri Gus Dur, Yenny Wahid mengajak untuk senantiasa menebarkan cinta dan perdamaian. “Hidup ini adalah cinta dan ibadah. Melalui haul malam ini, mari kita menebarkan cinta sesama manusia, kepada bangsa,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada segenap pihak yang turut menyukseskan acara haul ini. “Semoga Allah membalas kebaikan saudara dengan kebaikan yang berlimpah,” ungkapnya.

Ketua panitia haul, Husein Syifa kepada NU Onlinemengatakan, haul ini digelar berdasarkan inisiatif masyarakat Solo. Ada 101 ribu orang lebih yang hadir dari berbagai komunitas, agama dan etnis yang  memeriahkan haul.

“Kami memperingati haul Gus Dur dengan nama ini, KPA (Kanjeng Pangeran Aryo) KH Abdurrahman Wahid. Gelar ini merupakan gelar tertinggi yang diberikan keraton untuk orang di luar keluarga,” kata Husein.

Lebih lanjut dikatakan, rangkaian acara haul Gus Dur telah dimulai pada, Jumat (22/2) pagi, dengan agenda khotmil qur’an di Pondok Pesantren Al-Muayyad, Laweyan, Solo. Siang harinya dilanjutkan dengan bedah buku “Gus Dur Islam Nusantara dan Kewarganegaraan Bhinneka” yang ditulis Ahmad Suaedy, di tempat yang sama.

Kemudian pada Sabtu (23/2) pagi, digelar diskusi bertajuk Mbabar Pitutur Kamanungsan Gus Dur di Pendapi Gede Balai Kota Surakarta, dilanjutkan kirab kebangsaan dan pengajian. 

Related posts