15 Oktober 2019
INSAN PERS
Image default

SEJARAH PERS DI INDONESIA (II)

Di Indonesia, pers memiliki andil besar dalam pergerakan kemerdekaan nasional. Pers Indonesia pada awal perkembangannya memusatkan perhatian terhadap masalah masalah yang timbul dalam masyarakat kolonial dengan ketegasan membela kepentingan tujuan pergerakan nasional. Bahkan pers nasional bertindak sebagai oposisi dari pers kolonial, yang lebih mengutamakan kepentingan. pemerintah Hindia Belanda. Pers nasional setidaknya memiliki sejarah panjang sebagai institusi pemberdaya masyarakat serta alat perjuangan bangsa. Pers berasal dari bahasa Belanda, yang berarti dalam bahasa Inggris berarti press.[1]
            Secara harfiah pers berarti cetak, dan secara maknafiah berarti penyiaran secara tercetak atau publikasi secara dicetak. Definisi pers yaitu, suatu lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang menjalankan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan jenis media dan segala jenis saluran yang  tersedia. Dan Indonesia pun ialah Negara penganut sistem demokrasi. Sebelum menganut sistem pers ini , Negara kita mengalami beberapa revolusi dalam bidang pers. Tak dapat dipungkiri pengaruh pers di negara kita sangat besar. Keberadaan kaum pers di Indonesia baik buruknya selalu menjadi kelompok yang memiliki peran yang cukup besar bagi Negara ini.
            Sepak terjang kaum dari pers pun sering kali menjadi hal yang controversial di dunia informasi, dan sering menjadi pula pihak pers menjadi korban atas kejelasan bukti yang mereka ungkapkan mengenai tokoh-tokoh informan. Perkembangannya pun juga temasuk sangat kompleks, pers di Indonesia terbagi beberapa periode dimana satu periode ,mewakili satu era/masa dimulai dari pers di masa kolonial VOC. Di Indonesia, aktifitas junalistik dapat dilacak jauh kebelakang sejak penjajahan Belanda. Pers mulai dikenal abad ke-18 tepatnya pasa 1744, ketika sebuah surat kabar bernama Bataviasch Nouvelles diterbitkan dengan pengunaan orang-orang Belanda. Apalagi, orang Belanda yang selalu mengutamakan betapa pentingnya arti dokumentasi, segala hal ikhwal dan kabar berita yang terjadi di negeri leluhurnya maupun di negeri jajahannya selalu disimpan sebagai keperluan.[2]
            Dalam makalah ini akan membahas tentang awal perkembangan pers di Indonesia, yang akan dibagi menjadi tiga bagian. Bab pertama pendahuluan yang meliputi latar belakang masalah, studi terdahulu dan pentingnya tulisan. Bab kedua tentang pembahasan seperti awal perkembangan pers di Indonesia dan Bab ketiga tentang  penutup yang meliputi kesimpulan dan implikasi.


[1] Reny ,Triwardani.(2010). Pembreidelan Pers di Indonesia dalam Prespektif Politik Media (Online) Tersedia: http:// www.google.com/jurnal-awal-pers/reny.html. Diakses pada tanggal 17 September 2014.
[2] Reny ,Triwardani.(2010). Pembreidelan Pers di Indonesia dalam Prespektif Politik Media (Online) Tersedia: http:// www.google.com/jurnal-awal-pers/reny.html. Diakses pada tanggal 17 September 2014.

Related posts