Satu Unit Escavator Diduga Beroperasi di Lahan TNTN

Berita Utama, Terbaru924 Dilihat

insanPers.com, Pelalawan -Satu unit escavator merk Commatsu ditemukan beroperasi dilahan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) KM 71 simpang Basera, wilayah Desa Segati, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau. Alat berat escavator tersebut ditemukan oleh awak media Selasa (29/7/2024) dilahan Kebun Sungai Jernih KM 74.

Salah seorang mandor kebun Lorena mengaku bermarga Sitepu saat ditemui dikantor kebun itu mengaku alat berat itu milik Kibat warga Simpang Basera. Sudah dikontrak oleh pihak perkebunan untuk melakukan perbaikan akses jalan didalam kebun. Tapi kalau hari ini alat berat itu sedang rusak tidak bekerja, jelasnya.

Meskipun mengaku sudah mengabdi selama 11 tahun sebagai mandor kebun tersebut, Sitepu mengaku tidak mengetahui berapa pasti luas kebun itu, alasan dia hanya fokus bekerja dilapangan saja. Begitu juga tidak dia ketahui siapa nama orang kantor pengurus kebun tersebut. Bahkan nomor telepon orang kantor satupun juga tidak ada kepadanya, akunya kepada awak media.

Menurut sumber yang bisa dipercaya, alat berat itu dikontrak dari luar perusahaan yang dioperasikan dikebun tersebut. Dalam kontrak ada perjanjian bahwa pihak perkebunan kelapa sawit PT KSJ (Kebun Sungai Jernih) menjamin bertanggung jawab apa bila alat berat tersebut tertangkap oleh aparat penegak hukum. Jika tidak ada jaminan seperti itu, pemilik escavator tidak berani mengoperasikannya didalam areal perkebunan tersebut karena selama ini setiap alat berat yang beroperasi dilokasi itu selalu ditangkap oleh aparat penegak hukum karena itu areal Taman Nasional Tesso Nilo, sebutnya.

Manager kebun itu Sumana Tarigan yang telah dihubungi dan dikonfirmasi lewat pesan aplikasi WhatsApp tidak mengakat teleponnya juga tidak membalas pesan. Begitu ketua tim audit kebun Marsinta St Siahaan, beberapa kali dikontak telepon selulernya tidak diangkat, pesan WhatsApp juga tidak direspon. Pemilik kebun bernama Arianta Surbakti yang disebutnya tinggal di Bogor juga tidak mengangkat teleponnya dan konfirmasi melalui pesan whatsApp juga tidak dijawabnya. (Sona)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *